Header Ads

LightBlog

Kiprah Pendekar Lingkungan Pamekasan



Bapak Syifud (kaos biru) Menerima bantuan dari Kapolres Pamekasan.
kimperona.blogspot.com



Syaifuddin atau lebih dikenal dengan Syifud, dikenal sebagai pemerhati Lingkungan di Kabupaten Pamekasan, hal ini karena sejak tahun 2014 beliau aktif mengelola Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3 R (Reuse, Recyle,Reduce) Lestari yang terletak di Jl. Raya Teja kabupaten Pamekasan yang dibangun oleh  satker Provensi Jawa Timur. Tujuan didirikan TPS 3 R ini untuk mengurangi sampah yang diangkut menuju TPA Angsana sehingga akan mengurangi volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat perkotaan Pamekasan. Cara kerja TPS 3 R ini adalah mengangkut sampah rumah tangga lalu diproses pemilahan antara sampah organik dan anorganik.

“ TPS 3 R Lestari merubah pradigma masyarakat selama ini tentang sampah yang tidak berguna justru apabila dikelola sampah akan menjadi barang yang berguna dan bernilai jual yang bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat dan menyerap tenaga kerja “ Ujar bapak dua anak ini.

Pada tahun 2017, Dua Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R di Jawa Timur sempat dijadikan Pilot Project oleh Kementrian Lingkungan Hidup, salah satunya adalah TPS 3R Kelurahan Jungcangcang Kecamatan Kota Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur,
Seperti yang diungkapkan Syifud selaku pengelola TPS 3R Kelurahan Jungcangcang Pamekasan mengatakan bahwa, dari sekian ratus TPS 3R yang tersebar diseluruh Jawa Timur, hanya ada dua TPS 3R yang dijadikan Pilot Project oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

"Dua TPS 3R yang dimaksud adalah TPS 3R lestari Pamekasan yang ditangani oleh KSM Lestari, dan yang kedua adalah TPS 3R yang ada di Kota Kediri," terang Syifud.

Pada tahun 2018 menurut Syifud TPS 3R yang dikelolanya sudah ada perkembangan, terbukti dengan adanya salah satu perumahan sudah menjadi pemamfaatnya dengan sekitar 155 hingga 200 rumah warga.

"Hingga saat ini, di TPS 3R kami ini sudah menangani sekitar 662 sampah rumah tangga, juga 3 sekolah, 1 Puskesmas, 1 Hotel dan 1 pasar," tutur Syifud.

Sementara mikanisme pengelolaan sampah di TPS 3R menurutnya, Sampah berasal dari rumah tangga yang mau menjadi pemamfaat, selanjutnya sampah diambil kerumah masing-masing warga setiap hari.

"Sampah yang sudah sampai di sini kita kelola dengan cara kita pisah masing - masing jenisnya, sementara sampah yang tidak bisa dikelola kembali, kita angkut ke TPA melalui armada yang disediakan oleh DLH Pamekasan," paparnya.

Hasil pengelolaan pemilahan sampah oleh Syifud setiap bulannya dijual, menurutnya dari hasil penjualan tersebut untuk menghidupi aktifitas TPS 3R.

"Sementara untuk jaminan kesehatan 6 orang pekerja kami yang ada di TPS 3R Lestari, kami dibantu oleh dokter Nanang selaku kepala Puskesmas Teja, dan kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan rasa pedulinya terhadap kami, semoga apa yang dilakukan terhadap kami menjadi catatan amal baik yang diterima," pungkasnya.

Tidak ada komentar