Header Ads

LightBlog

KIM PERONA DESA DASOK KABUPATEN PAMEKASAN

Kim adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di di perkotaan/pedesaan. 

Pada awalnya kim menjadi wadah bagi ukm (usaha kecil mengengah) dan mempunyai beberapa produk makanan dan kerajinan yang ditelurkan demi membiayai keberlangsungan kim itu sendiri, mulai dari biaya operasional, komsumsi dan biaya penyebaran informasi seperti leaflet, bulletin dll. 

Sebelum tahun 2015, kim semakin kehilangan ruh nya yang visi awalnya adalah sebagai wahana informasi masyarakat pedesaan, menjelma menjadi ukm-ukm yang lebih menonjolkan dan memproduksi produk khas daerah masing-masing. Sehingga dipertengahan tahun 2015 ada gerakan “kim kembali ke khittoh” yakni monomer satukan penyebaran informasi, dan ict (information and technology). 

Kelompok informasi masyarakat (kim) ini diberi nama kim "perona" diharapkan mampu mengharumkan masyarakat desa dasok kecamatan pademawu kabupaten pamekasan dalam hal penyebaran informasi yang tajam, actual dan terpercaya pada masyarakat dasok, pamekasan dan masyarakat international pada umumnya.
 Kegiatan yang dilakukan
1.Penyebaran informasi ke masyarakat desa dasok, melalui berbagai media; kerjasama dengan radio pemerintah (ralita fm) .
2.Membantu mempromosikan ke khasan masyarakat desa dasok, mulai dari makanan sampai kegiatan yang akan dilakukan oleh desa dasok
3.Pusat informasi masyarakat yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja : www.kimperona.blogspot.com
4.Melakukan berbagai macam penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat yang berhubungan dengan dunia maya. Media social dan web server.
5.Mengadakan web marketing dan bisnis online kepada anak muda desa dasok 
6.Pembentukan perpustakaan mini “taman baca perona” yang didanai oleh iuran dan dari sumber yang tidak mengikat. 
7.Mengikuti pameran produk kim dan tik (teknologi informasi dan komunikasi)
 8.Akan membentuk Kampong Cyber di Desa Dasok 

Maksud kim: 
     kim dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berparitipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Tujuan kim adalah : 
1.Sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan desiminasi informasi pembangunan kepada masyarakat ; 
2.Sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan ; 
3.Sebagai forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan 

Tugas kim :
1.Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi 
2.Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota sehingga dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa. 3.Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak lainnya (pemerintah), sehingga tercipta kerjasama, kebersamaan, kesamaan dan persatuan bangsa. 

Fungsi kim: 
1.Sebagai wahana informasi antara anggota kim, dari kim kepeda pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat 
2.Sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik 
3.Sarana peningkatan literasi anggota kim dan masyarakat di bidang informasi dan media masa 4.Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi

Tidak ada komentar