Header Ads

LightBlog

Kegiatan Posyandu Sakti desa Dasok Kecamatan Pademawu 15 maret 2020




Kegiatan Posyandu Sakti desa Dasok Kecamatan Pademawu kembali digelar pada minggu pagi, 15 maret 2020. Seperti biasa kegiatan ini rutin dilaksanakan di minggu ke-3 setiap bulannya. Kali ini, Posyandu Sakti memberikan penyuluhan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat guna mencegah dari virus Corona. Dalam materinya, perangkat kesehatan di desa Dasok mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan benar di hadapan para remaja yang hadir.
Sebelumnya, remaja awal ini diajak untuk senam bersama dengan dipimpin oleh beberapa kader. Selanjutnya, tim bidan desa kemudian mengisi materi tentang PHBS.  Antusiasme remaja di Dasok ini cukup besar. Itu terlihat dari raut wajah puluhan orang remaja ini ketika  memperhatikan penjelasan dengan seksama. Kemudian, saat pelaksanaan materi PHBS, disitu dijelaskan bahwa cara mencuci tangan  itu harus dengan benar tidak boleh terburu-buru dan harus menggunakan sabun. Tangan haruslah digosok dengan baik hingga ke sela-sela jari tangan. Agar setiap bakteri, kuman maupun virus yang ada di tangan hilang dengan sempurna. 

Kemudian dijelaskan pula bahwa mencucinya juga harus dibawah air mengalir agar hasil yang diperoleh maksimal. Sebab, menurut pemateri yakni bidan desa penyebaran virus Corona salah satu cara tercepatnya terjadi lewat kontak fisik antara penderita dengan orang lain. Tidak menutup kemungkinan tangan menjadi medium paling mudah dalam menghantarkan virus yang telah mewabah secara global ini. Oleh karena itu, pembentukan PHBS harus dilakukan lewat diri sendiri dan lingkungan. 

Lebih lanjut, pemeriksaan rutin tinggi badan, berat badan hingga tensi darah tetap dilakukan guna memantau sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan remaja di desa Dasok. Kemudian pencatatan rutin juga tetap dilakukan oleh para kader sebagai arsip riwayat kesehatan para remaja awal ini. Terakhir, bagi remaja yang ditengarai memiliki berat badan berlebihan dilakukan pengecekan kolesterol untuk menutup kemungkinan adanya remaja yang bermasalah dalam segi kesehatan// AYU KIM PERONA//

Tidak ada komentar